Awal Mula Kisah KRI Bima Suci

Jajaran Kapal Republik Indonesia (KRI) kedatangan anggota baru, yaitu KRI Bima Suci-945 atau yang biasa dikenal dengan nama KRI Bima Suci. Kapal ini secara resmi telah menjadi bagian dari TNI Angkatan Laut dan merupakan sebuah kapal layar latih bagi taruna atau kadet Akademi Angkatan Laut (AAL). Kapal ini secara resmi telah digunakan untuk menggantikan posisi kapal layar latih pendahulunya, yaitu KRI Dewaruci.

Baca Juga : KRI Dewaruci

Nama dari kapal ini terinspirasi dari nama muridnya Dewaruci, yaitu Bima suci. Figur dari Bima Suci ini muncul dalam wujud patung yang berada di bagian depan lambung kapal ini. Figur tersebut tampak sedang dililit oleh ular yang dikenal sebagai musuh terakhirnya Werkudara (nama lain dari Bima Suci) sebelum ketemu dengan Dewaruci. Terlihat juga kuku pancanaka yang dijadikan sebagai senjata andalannya dalam mengalahkan ular itu. Dengan memakai nama ini, maka diharapkan bagi para taruna untuk memiliki karakter seperti Bima yang mempunyai etos keilmuan yang tinggi.

Selengkapnya : Sejarah KRI Bima Suci 

Kapal ini merupakan kapal yang masuk dalam tipe Bark (Barque) tiga tiang. Rancangan teknis dari KRI Bima Suci ini mempunyai ukuran panjang total 11,20 meter, lebar 13,65 meter, kedalaman draft 5,95 meter, berat 2.345 ton, dan juga tinggi maksimal tiang layar 49 meter diukur dari permukaan dek ke atas. Kapal ini mempunyai total 26 layar dengan luas keseluruhan layarnya 3.352 m2. Ketinggian dari dek utamanya 9,20 meter dari permukaan laut. Mempunyai kecepatan mesin 12 knots & kecepatan layar 15 knots.

Salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh kapal ini terletak pada instrumen navigasi pelayarannya yang lebih canggih dibandingkan dengan KRI latih sebelumnya yaitu KRI Dewaruci. Selain itu, kapal ini juga mempunyai sistem pemurnian air laut yang akan berubah menjadi air tawar, dan juga alat komunikasi serta data digital yang salin terkoneksi. Dalam sekali berlayar, kapal ini bisa menampung hingga 203 orang. Fasilitas yang ada di dalam kapal ini juga tidak kalah megah, terdapat ruang VIP & VVIP, ruang tidur untuk taruna – taruni, ruang kesehatan, dan juga ruang kelas untuk pembelajaran.

Baca Juga : Fasilitas Mewah Bima Suci

Pastinya banyak di antara kalian semua yang penasaran ya dengan kapal ini? Apalagi jika belum pernah melihatnya, maka rasa penasaranpun akan hinggap karena cerita dari kapal ini yang sangat berkesan di hati. Tapi kalian semua jangan risau, RAP Handicraft telah menghadirkan miniatur kapal. Semoga dengan adanya produk yang kami keluarkan ini, dapat mengobati rindu kalian akan kapal yang sangat hebat ini. Yuk, cek sekarang di tokoraphandicraft.com

IF YOU WANNA KNOW MORE ABOUT US

Spesialis Kerajinan Miniatur Kapal Layar dan Modern

– RAP HANDICRAFT –

Singkalan, Rt.11/Rw.05, Kec. Balongbendo, Kab. Sidoarjo

Phone : + 62-8880-5368-709

Email : craftkerajinan@gmail.com