Kapal Kargo

Artikel Kapal Kargo

Kapal kargo atau yang biasa disebut juga dengan kapal barang merupakan salah satu jenis kapal yang dapat membawa barang – barang dan muatan dalam jumlah banyak dari satu pelabuhan ke pelabuhan yang lain. Pada setiap tahunnya terdapat ribuan kapal jenis ini yang melintasi samudera dan juga lautan di seluruh dunia dengan memuat berbagai macam barang untuk perdagangan internasional. Kapal kargo biasanya didesain secara khusus dan dibuat dalam beberapa ukuran karena memiliki tugas yang sangat berat. Biasanya, kapal ini juga dilengkapi dengan crane dan mekanisme yang lain untuk memudahkan dalam kegiatan bongkar muat barang.

Menurut catatan terawal tentang aktivitas pengangkutan laut menyebutkan bahwa pengangkutan barang – barang untuk perdagangan, bukti – bukti sejarah dan arkeologi juga membuktikan bahwa kegiatan ini sudah mulai meluas pada awal abad ke-1 Sebelum Masehi. Pada zaman pertengahan, keinginan untuk mengoperasikan jalur perdagangan untuk jarak tempuh yang lebih jauh dan juga lebih banyak musim inovasi dalam perbaikan desain kapal.

Pada saat sebelum pertengahan, terdapat banyak kasus pembajakan yang dilakukan oleh bajak laut yang mengakibatkan semua kapal harus siap dengan persenjataan di atas kapalnya. Kegiatan pembajakan ini juga masih sering terjadi di wilayah lautan sekitar Asia, khususnya di Selat Malaka. Pada tahun 2004, pemerintah dari semua negara yang berbatasan dengan selat malaka ini, yaitu negara Singapura, Indonesia, dan juga Malaysia setuju untuk memberikan perlindungan yang ekstra pada kapal – kapal yang melewati selat tersebut.

Dengan adanya kemajuan teknologi pada saat ini, pastinya orang – orang akan lebih memilih untuk  memakai pengiriman atau ekspedisi denagn melalui jalur udara, karena lebih cepat, lebih praktis dan dapat menghemat waktu. Tetapi, apabila perusahaan mengirimkan barang dalam jumlah yang besar dan banyak, maka pengiriman dengan melalui jalur udara akan lebih banyak memakan biaya. Pengiriman dengan menggunakan jalur udara juga mempunyai kekurangan yaitu tidak bisa menampung barang dalam jumlah yang besar.

Jika suatu perusahaan mau mengirimkan barang dalam jumlah yang besar, maka lebih baik perusahaan tersebut melakukan pengiriman barang dengan menggunakan jalur transportasi laut. Karena selain bisa mengirimkan muatan barang dengan jumlah yang besar, pengiriman barang dengan melalui transportasi laut mempunyai biaya pengiriman yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan melalui  jalur udara dan darat.

Baca juga : Jenis – jenis Kapal Kargo

tokoraphandicraft.com