Kapal Keruk yang Memiliki Banyak Fungsi

Kapal Keruk ? Apa sih itu ? Kok nggak pernah dengar ya ? Nah, daripada kalian dibikin penasaran mulu, yuk kita simak aja penjelasan berikut!

Kapal Keruk (Dredger) adalah salah satu jenis kapal yang didesain khusus dan mempunyai peralatan khusus yang digunakan untuk pengerukan, seperti di sungai, laut dangkal, danau, dan lain – lain. Kapal ini dirancang khusus untuk memenuhi keperluan, baik itu yang berasal dari pelabuhan, Offshore, industri lepas pantai, alur pelayaran, dan lain sebagainya. Kapal ini berfungsi layaknya excavator dan juga buldoser yang ada di darat.

Kapal ini yang melakukan operasi di laut mempunyai lambung kapal yang mirip dengan kapal yang dipakai untuk pelayaran samudera. Kapal yang memiliki baling – baling sendiri ini juga dilengkapi dengan perlengkapan pengerukan hidraulis, yaitu pembongkaran dari material yang dikeruknya ke dalam penampung yang akan dikirim ke tempat pembuangan. Cara menaikkan material yang ada di dasar laut adalah dengan memakai pompa keruk melewati pipa penghisap.

Kapal keruk lautan beroperasi dengan cara bergerak mengikuti lengan penarik yang bergerak secara perlahan ke muka, mendahului kapalnya, seperti kapal laut yang memiliki mesin sendiri. Terkadang juga kapal ini beraktivitas dalam posisi yang tidak bergerak ketika proses pengerukan sedang berlangsung. Ketika pemompaan terus berlanjut, berbagai macam partikel padat dari bahan galian akan tersedot dan temtampung di gerobak penampung (hopper), sedangkan air yang ikut tersedot akan dibuang kembali ke luar kapal. Apabila gerobak penampungnya sudah penuh, lengan penghisap akan dinaikkan kembali, lalu kapal akan melanjutkan perjalanan ke tempat pembuangan untuk mengosongkan gerobak penampung tersebut.

Sebelum diketemukannya peralatan mekanik seperti sekarang ini, pengerukan kanal & terusan  dilaksanakan dengan cara menyempitkan aliran sungai agar arusnya menjadi cukup kuat untuk membawa serta endapan, kemudian menggerus terusan tersebut. Jika di eropa, dilakukan dengan cara membuat kolam pasang surut yang nantinya akan terisi dengan air pada saat pasang naik dan air akan ditahan di dalamnya. Kemudian pada waktu air di dalam kolam itu surut akan dilepaskan agar airnya bisa menggerus endapan pada terusan tersebut. Metode seperti ini juga sudah dipergunakan oleh banga China dan juga Syiria pada zaman dahulu kala.

Baca Juga : Jenis – jenis Kapal

Macam – macam kapal keruk :

  1. Suction Dredger / Kapal Keruk Penghisap bekerja dengan cara menghisap material dengan memakai pipa panjang yang menyerupai vacuum cleaner.
  2. Trailing Suction Hopper Dredger (THSD) digunakan untuk menyeret pipa penghisap pada waktu sedang beroperasi, lalu mengisi material yang sudah dihisap ke tempat penampung (hopper) yang ada di kapal tersebut. Jika tempat penampungnya sudah terisi penuh, maka kapal ini akan melaju menuju ke lokasi pembuangan. Cara pembuangannya adalah dengan melalui pintu yang ada di bawah kapal / dapat juga dengan memompa materialnya menuju keluar kapal dimana tempat pembuangan tersebut berada.
  3. Cutter-Suction Dredger (CSD) memiliki tabung hisap berkepala pemotong pada bagian pintu masuk penghisap. Pemotong ini bisa juga dipakai untuk memotong materiaq yang keras seperti batu dan kerikil. Meterial yang sudah dikeruk pada umumnya akan dihisap oleh pompa penghisap sentrifugal dan akan dikeluarkan melewati pipa maupun ditampung di kapal tongkang. Pada bagian belakang kapal ini mempunyai spud can dan dua jangkar yang ada di kanan & kiri, yang dapat digunakan sebagai poros penggerak dan untuk menarik ke kanan & kiri.
  4. Bucket Dredger merupakan kapal yang tertua dari bagian kapal keruk ini. Kapal ini pada umumnya dilengkapi dengan alat seperti bucket atau timba yang bergerak secara simultan yang digunakan untuk mengangkat sedimen yang terletak di dalam air. Pada saat ini, kapal jenis ini masih dipergunakan untuk menambang bijih timah yang ada di Bangka Belitung dan juga di Kepulauan Riau. Kapal ini juga masih tergolong cukup handal untuk mengeruk karang sebagai pembuatan alur pelayaran.
  5. Backhoe Dredger / Dipper Dredger sama dengan backhoe / excavator yang ada di darat tetapi yang ini diletakkan di atas kapal tongkang.
  6. Water injection Dredger (WID) menambah di dalam sebuah jet kecil dengan tekanan rendah ke sedimen yang ada di dasar air, supaya air tersebut dapat mengikat sedimen sehingga akan dapat melayang di atas air. Kemudian, akan didorong oleh arus & gaya berat keluar dari lokasi pengerukan. Kapal ini biasanya dipergunakan untuk maintance dredging di daerah pelabuhan.

Baca Juga : Jenis – jenis Kapal Keruk

Sekian penjelasan informasi yang bisa kami sampaikan. Jangan lupa untuk menunggu updatean dari artikel kami selanjutnya ya! see you next time!

Baca juga : Sekilas Info Kapal

tokoraphandicraft.com