Kapal Layar

Artikel Kapal Layar

Kapal layar merupakan sebuah kendaraan yang pergerakannya dibantu dengan adanya layar yang menggunakan tenaga angin untuk pendorongnya. Biasanya menggunakan konstruksi yang terbuat dari kayu yang cukup kuat. Kayu cukup lama digunakan sebagai bahan tulang punggung pelayaran yang bersifat sipil ataupun militer. Sampai pada abad ke-19 diketemukan mesin uap dan kapal besi atau baja yang beriringan dengan ramainya revolusi industri. Revolusi industri ini dipelopori oleh negara Inggris dengan diawalinya penemuan mesin uap oleh James Watt.

Saat pertama kali ditemukan, kapal ini dapat bergerak dengan menggunakan tenaga manusia sebagai pendayung dan juga berfungsi sebagai layar. Model yang seperti ini bisa dilihat di kapal viking, kapal romawi, kapal mesir kuno, kapal india kuno, sampai dengan pada masa kapal borobudur yang pada saat itu sudah menggunakan kapal layar. Seiring dengan berjalannya waktu, kapal jenis ini juga mengalami perkembangan seperti digunakannya kapal layar bercadik yang dapat ditemukan di Indonesia. Terdapat juga kapal yang menggunakan layar segitiga seperti yang pernah ditemui di Timur Tengah, kapal dengan layar segi empat yang dipakai oleh bangsa Eropa pada saat akan memasuki abad penjajahan, dan juga kapal dengan layar lipat yang ditemui di Jepang atau China.

Pada saat sekarang, kendaraan ini pada umumnya sudah dilengkapi dengan mesin tempel sebagai solusi jika nantinya tidak ada tiupan angin pada saat berlayar di daerah – daerah tertentu, agar nantinya tetap bisa melanjutkan perjalanan ke daerah yang akan dituju. Beberapa kapal yang terkenal di Indonesia yaitu kapal Dewaruci, Pinisi, Bimasuci, dan lain sebagainya.

Jenis – jenis kapal layar :

  1. Berdasarkan Tenaga Penggerak
  • Kapal dengan Pendayung
  • Kapal Tanpa Pendayung
  1. Dari Bentuk Layar
  • Layar Segitiga
  • Layar Segiempat
  • Layar Lipat
  1. Dari Tipe Kapal
  • Kapal Bercadik

Merupakan kapal yang digerakkan dengan menggunakan layar yang memanfaatkan tenaga angin sebagai pendorongnya. Kegunaan dari cadik pada kapal ini adalah untuk menyeimbangkan badan dan memantapkan perahu. Contohnya adalah Kapal Borobudur

  • Kapal Jung

Istilah “jung” (Bahasa Portugis: junco; bahasa Belanda: jonk; dan bahasa Spanyol: joanga) yang juga dipakai pada masa kolonial untuk merujuk pada kapal berukuran besar sampai sedang dari budaya Austronesia di Asia Tenggara Maritim, dengan atau tanpa sistem layar jung. Kapal ini banyak ditemukan di wilayah perairan Asia Tenggara hingga ke pantai timur Afrika. Jenis kapal Jung yang populer adalah Jung Jawa dan Jung China (Jung China Utara & Jung China Selatan).

  • Kapal Clipper

Kapal yang digunakan pada pertengahan abad ke-19 sebagai kapal pedagang yang dirancang untuk kecepatannya.

  • Kapal Galiung / Galiun

Merupakan kapal berukuran besar yang mempunyai dek beberapa tingkat dan biasanya digunakan oleh negara – negara Eropa dari abad ke-16 sampai abad ke-18. Biasanya digunakan untuk berdagang ataupun berperang yang dibekali dengan meriam jenis demiculverin.

  • Kapal Dromon

Merupakan salah satu kapal perang yang memiliki layar dan menjadi kapal perang paling penting dalam Angkatan Laut Bizantium pada abad ke-5 sampai abad ke-12 Masehi yang digantikan oleh kapal perang bergaya Italia.

  • Kapal Cog
  • Kapal Caravel

Merupakan kapal yang memiliki layar kecil yang mudah untuk dikemudikan dan banyak digunakan oleh negara Portugis untuk melalui pantai Afrika Barat dan Samudera Atlantik pada abad ke-15.

  • Kapal Kerakah

(bahasa Inggris: carrack; bahasa Portugis: carraca; bahasa Prancis: caraque) merupakan sejenis kapal pelintas semudra yang memiliki tiang tiga / empat yang digunakan sebagai kapal dagang bagi Bangsa Eropa dari Laut Tengah ke Laut Baltik. Kapal ini mulai dikembangkan pada abad ke-14 dan ke-15 di Eropa.

  • Longship

Merupakan kapal yang ditemukan pada abad ke-4 SM yang digunakan oleh orang – orang Norsemen / Viking untuk perdagangan, penjelajahan, dan peperangan.

Merupakan kapal tradisional khas milik Indonesia yang berasal dari Suku Bugis di Provinsi Sulawesi Selatan.

Bagaimana dengan informasi di atas? Semoga dapat bermanfaat ya bagi kalian semua! See you next time!

Miniatur Kapal Layar Dewaruci

tokoraphandicraft.com