Kapal Pesiar

Artikel Kapal Pesiar

Kapal pesiar (bahasa Inggris: cruise ship / cruise liner) merupakan sebuah kapal yang digunakan secara khusus untuk tujuan melakukan rekreasi / perjalanan wisata. Biasanya, penumpang akan menaiki kapal ini untuk menghabiskan waktu liburan atau waktu luang di atas kapal yang menyediakan fasilitas penginapan dan juga perlengkapan yang mirip dengan yang ada di hotel berbintang. Sebagian dari kapal pesiar yang ada mempunyai rute perjalanan yang akan selalu mengarah kembali ke pelabuhan asal keberangkatan. Lamanya waktu pelayarannya juga dapat berbeda – beda, mulai dari beberapa hari saja hingga hampir sekitar enam bulan tidak kembali ke pelabuhan asal keberangkatan.

Kapal pesiar ini tidak sama dengan kapal samudra atau ocean liner yang melakukan perjalanan dengan melalui rute reguler di lautan terbuka, terkadang juga antar benua, dan mengantarkan para penumpang dari suatu titik keberangkatan ke titik tujuan yang lainnya. Jika kapal jenis ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan sarat air kapalnya lebih rendah, maka akan dipakai sebagai kapal pesiar sungai.

Jenis – jenis kapal pesiar :

  1. Mega Cruise Ship

Merupakan jenis kapal yang berukuran besar dan tentunya mewah. Kapal jenis ini dapat menampung hingga 3000 penumpang dan juga mempunyai fasilitas yang lengkap. Seperti restoran, bar, nightclubs, tempat perbelanjaan, bioskop, galeri dan museum, gym, spa, kolam renang, dan fasilitas lainnya yang tentunya sangatlah mewah. Karena, fasilitas yang komplit dan mewah merupakan sebuah prioritas bagi mega cruise ship. Pada saat ini, kapal jenis ini bahkan bisa menampung hingga mencapai 5000 penumpang dalam sekali perjalanan.

  1. Luxury Cruise Ship

Kapal yang satu ini sangat mementingkan unsur kemewahan dalam setiap fasilitas dan juga akomodasi yang ada di dalam luxury cruise ship ini. Jadi, kapal ini tidak begitu mementingkan akan banyaknya menampung penumpang  dan ukuran dari kapalnya yang bisa dikatakan sedang. Tamu – tamu yang biasanya membooking kapal ini adalah golongan orang terkaya di dunia maupun pejabat – pejabat negara dari Uni Emirate Arab, dataran Eropa, dan juga Amerika.

  1. Ocean Cruise Ship

Kapal jenis ini bisa berlayar keliling dunia. Karena, kapalnya sudah dipersiapkan dengan fasilitas dan juga perlengkapan yang digunakan untuk menghadapi rintangan yang ada pada saat melakukan pelayaran di samudera. Seperti adanya badai, gelombang tinggi, hujan, angin, dan cuaca buruk yang lain.

  1. Small Cruise Ship (Yacht)

Merupakan kapal yang memiliki ukuran sedang, daya tampungnya hanya untuk beberapa ratus penumpang saja, dan lebih mementingkan pelayanan yang diberikan kepada penumpang. Penumpang yang menaiki kapal ini umumnya cenderung menginginkan suasana yang lebih private tanpa meluapakan sisi kemewahan yang hadir di dalamnya. Tujuan dari kapal ini juga berbeda dari kapal jenis lain, yaitu lebih banyak berlayar ke daerah yang sulit dijangkau oleh kapal yang berukuran lebih besar.

  1. Expedition Cruise Ship

Kapal jenis ini biasanya digunakan oleh para peneliti atau reporter dari discovery channel untuk melakukan ekspedisi atau perjalanan khusus yang dilakukan untuk membuat liputan.

Baca juga : Contoh Kapal Pesiar

Gimana nih sama penjelasannya? Jadi ingin naik kapal pesiar kan? sama dong kayak author hehe.

Sampai ketemu di lain kesempatan ya! See you next time!

tokoraphandicraft.com