Kapal Tanker yang Penuh Waspada

Artikel Kapal Tanker

Kalian pernah dengar nggak sih kapal tanker itu kayak gimana? Atau kalian belum pernah dengar sama sekali? Atau bahkan belum pernah tahu bentuknya seperti apa? Yuk kita ikuti penjelasan di bawah ini!

Kapal tanker merupakan sebuah kapal yang memang di desain secara khusus untuk mengangkut atau membawa minyak, cairan kimia, maupun cairan lainnya. Jenis kapal ini memiliki ciri khusus yaitu memiliki banyak pipa yang berada di atas bagian dek kapal. Terdapat juga kapal yang memiliki desain bentuk setengah lingkaran di bagian dek kapal yang biasanya di sebut dengan LNG.

Kapal tanker di bekali dengan sistem keselamatan yang tinggi dan telah ditetapkannya. Karena mengingat bahwa kapal ini membawa jenis muatan yang sangat berbahaya bagi manusia dan lingkungan, jadi harus berhati – hati. Jika terjadi sedikit kesalahan dalam kapal ini, maka akan berakibat sangat fatal  bagi pekerja maupun lingkungan sekitar. Seringkali terjadi kejadian – kejadian berbahaya yang di alami oleh pekerja kapal pada saat bekerja di sini, seperti terjadi kebakaran, kebocoran, dan lain sebagainya.

Selengkapnya : Bahaya Kapal Tanker 

Jenis – jenis kapal tanker

Berdasarkan Muatan yang Di angkut

  1. Oil Tanker Merupakan jenis kapal yang di buat khusus untuk mengangkut minyak curah.
  2. Product Tanker Yaitu kapal yang di khususkan untuk mengangkut hasil produk minyak dari pengolahan minyak mentah yang berasal dari kilang pengolahan. Kapal ini memiliki perbedaan berdasarkan jenis minyak (clean & dirty) dan tangkinya. Clean Product merupakan produk minyak yang memiliki sifat yang ringan. Contohnya adalah minyak tanah, solar, avtur, dan juga bensin. Sedangkan, Dirty Product merupakan produk minyak yang memiliki sifat yang lebih berat. Contohnya seperti minyak bakar dan juga residu. Clean Product dapat membawa Dirty Product, sedangkan Dirty Product tidak bisa membawa Clean Product.
  3. Crude Tanker Yaitu kapal yang di khususkan untuk mengangkut minyak mentah, yang biasanya bersifat homogen. Untuk minyak mentah itu sendiri tidak memiliki perbedaan  spesifik yang cukup berpengaruh, karena pada akhirnya akan diolah ke tahap selanjutnya. Ukuran dari kapal ini mulai dari 50.000MT dwt sampai dengan sekitar 500.000 MT dwt.
  4. Chemical Tanker Merupakan kapal yang di rancang khusus dan di gunakan untuk mengangkut bahan kimia cair curah. Kapal ini juga bisa di pakai untuk mengangkut jenis bahan yang sensitif seperti lemak, minyak nabati, metanol, dan lain sebagainya dengan memperhatikan standar kebersihan yang tinggi. Muatan dari kapal ini termasuk muatan yang sangat berbahaya, karena sebagian besarnya beracun maupun mudah terbakar. Menurut IBC Code, jenis kapal ini di bagi menjadi tiga jenis berdasar pada kapabilitasnya dalam mengangkut bahan kimia, yaitu ST1, ST2, dan ST3.

Berdasarkan Ukurannya

  • Handy-size Tankers merupakan kapal yang memiliki bobot 5.000 – 35.000 ton dan biasanya di pakai untuk mengangkut product oil.
  • General Purpose Tankers memiliki bobot 10.000 MT – 25.000 MT dwt dan umumnya di pakai untuk mengangkut refind product.
  • Medium-size Tankers memiliki bobot mati 35.000 – 160.000 ton dan biasanya di pakai untuk mengangkut minyak mentah maupun minyak jadi.
  • VLCCs (Very-large Crude Carriers) memiliki bobot mati 160.000 – 300.000 ton dan biasanya di pakai untuk mengangkut crude oil.
  • ULCCs (Ultra-large Crude Carriers) memiliki bobot mati >300.000 ton dan biasanya di pakai untuk mengangkut crude oil.

Baca juga : Jenis – jenis Kapal

Gimana nih sama penjelasan di atas? Apakah kalian sudah paham tentang topik dari artikel ini? Jangan lupa untuk tunggu  update dari kami berikutnya ya! See you next time!

Baca juga : Sejarah Kapal

tokoraphandicraft.com