Kerajinan

Artikel Kerajinan

Fungsi dari Kerajinan

Barang kerajinan memiliki fungsi tertentu bagi kehidupan manusia. Secara umum, fungsinya dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Fungsi Pakai

Dalam fungsi ini, kerajinan tangan dengan fungsi pakai merupakan benda yang terbuat dari tangan, di mana aspek fungsional mendapat pengutamaan. Dengan kata lain, kerajinan dapat dipakai untuk membantu pekerjaan. Contoh kerajinan yang memiliki fungsi pakai yaitu, Tikar, kursi kayu, meja, lampu hias, dan lain sebagainya.

  1. Fungsi Hias

Berbeda dengan fungsi yang sebelumnya, kerajinan tangan dengan fungsi hias ialah benda buatan tangan yang menekankan sisi estetika dan keindahan melalui fungsinya. Kerajinan seperti ini biasanya digunakan sebagai dekorasi seperti patung, kerajinan miniatur, karpet, keramik, souvenir, dan lain sebagainya.

Jenis – jenis Kerajinan dan Contohnya

  1. Kerajinan dari Bahan Lunak
  • Kerajinan Tanah Liat, kerajinan yang terbuat dari bahan tanah liat ini biasanya disebut dengan kerajinan keramik. Contoh dari kerajinan ini adalah gerabah, vas bunga, guci, dan lain sebagainya.
  • Kerajinan Serat Alam, kerajinan yang terbuat dari serat alam ini biasanya memakai metode pembuatan dengan cara menganyam. Contoh dari kerajinan ini adalah tas yang terbuat dari benang alami dan lain sebagainya.
  • Kerajinan Kulit, kerajinan kulit ini memakai bahan dasar dari kulit yang biasanya telah melalui proses samak, atau bisa juga memakai kulit mentah atau kulit sintesis. Contoh dari kerajinan ini adalah wayang kulit, tas kulit, dan lain sebagainya.
  • Kerajinan Gips, Kerajinan Gips ini memakai bahan mineral yang tidak bisa larut bersamaan dengan air dalam waktu yang relatif lama pada saat sudah benda tersebut menjadi padat. Kegunaan dari kerajinan ini adalah dapat dijadikan sebagai hiasan dinding bahkan Contoh dari kerajinan ini adalah tempat lampu dan lain sebagainya.
  • Kerajinan Lilin, kerajinan yang terbuat dari bahan lilin pada awalnya hingga menjadi lilin siap pakai.
  • Kerajinan sabun, kerajinan yang terbuat dari bahan sabun ini dapat kita buat dengan menggunakan 2 cara, yaitu dengan cara mengukir atau dengan mencairkan sabun.
  1. Kerajinan dari Bahan Keras Alami

Kerajinan yang menggunakan bahan dasar bahan keras alami ini adalah kerajinan yang bahan dasar pembuatannya berasal dari sumber alam ataupun bahan yang telah diolah namun tanpa mengubah wujud aslinya. Contoh dari kerajinan jenis ini adalah lemari rotan, kursi jati, bingkai foto, dan lain sebagainya.

  1. Kerajinan dari Bahan Keras BuatanKerajinan dari bahan keras buatan ini merupakan kerajinan yang penggunaan bahan dasarnya telah menjalani tahap pengolahan dan perubahan bentuk. Contoh dari kerajinan jenis ini adalah gong, uang logam, patung, dan lain sebagainya.

Bahan Pembuat Kerajinan

Apabila Anda adalah penyuka barang-barang seni, tentu Anda telah terbiasa melihat dan menikmati berbagai benda kerajinan dengan bahan material pembuat yang juga beraneka ragam. Tetapi, dari semua bahan yang bisa digunakan sebagai material pembuat kerajinan, itu dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori.

Dalam kategori kerajinan yang berbahan keras, dibagi lagi menjadi dua material utama, yaitu keras alami dan keras buatan. Material  keras alami merupakan material yang dapat ditemukan di daerah lingkungan sekitar. Ciri utama dari material tersebut ialah bentuknya keras dan kokoh. Contohnya seperti, bambu, kayu, dan rotan.

Sedangkan kategori yang kedua adalah bahan keras buatan, yang merupakan material kerajinan yang telah melewati proses tertentu, seperti logam, kaca, plastik, kain, dan lain sebagainya.

Ada juga benda kerajinan yang dibuat menggunakan bahan yang lunak. Tak jauh berbeda seperti bahan yang keras, material yang lunak juga dapat dibagi menjadi dua yaitu, lunak alami dan buatan.

Contoh bahan lunak yang jelas sudah tidak asing di mata Anda adalah serat alam, tanah liat, dan kulit hewan. Itu adalah contoh-contoh dari bahan lunak alami. Sedangkan, untuk bahan buatan yang lunak dapat kita temukan pada benda yang berbahan lilin, sabun, spons, ataupun bubur kertas.

Tahapan Pembuatan Kerajinan

Walaupun setiap material memiliki cara penanganannya masing-masing, namun secara umum cara yang dibutuhkan dalam membuat barang kerajinan dapat dipaparkan menjadi beberapa tahapan.

Yang pertama, Anda perlu untuk membuat rancangan terlebih dahulu. Pada tahap pertama ini, Anda perlu menuangkan ide yang ada di pikiran Anda ke dalam rancang bangun yang kongkret. Anda bisa menggambarkan detailnya dengan menggunakan pensil dan kertas, ataupun bisa juga dibuat secara digital menggunakan komputer.

Setelah membuat rancangan yang baik, maka tahap yang keduanya adalah mempersiapkan alat dan bahan. Perhatikan kualitas dari bahan dan cara pemakaian alat tersebut agar hasil akhir dari produk kerajinan Anda memuaskan. Apalagi bila barang yang ingin Anda buat memerlukan detail yang rumit.

Ketika rancangan, alat, dan bahan telah disiapkan, maka kini waktunya untuk Anda memulai mewujudkan rancangan yang ada supaya menjadi produk barang nyata. Lebih baik buat bagian dasarnya terlebih dahulu sebelum menyelesaikan bagian yang lain.

Terakhir tapi juga tidak kalah pentingnya adalah tahap penyelesaian. Rapikan kerajinan Anda dan bersihkan dari kotoran yang mungkin akan muncul selama proses pembuatan. Apabila memungkinkan, Anda juga dapat menambahkan hiasan atau mempercantiknya dengan cat.

tokoraphandicraft.com