Miniatur

Artikel Miniatur

Miniatur adalah suatu objek yang ditirukan dengan skala yang diperkecil dari bentuk yang asli. Objek yang ditirukan bisa berupa bangunan, transportasi, makanan, dan objek lain yang bisa diamati dari berbagai arah atau yang biasa dikenal dengan benda 3 dimensi / 3D. Selain digunakan untuk acara pameran maupun acara kesenian, sekarang miniatur juga digunakan untuk hiasan lho. Kita bisa meletakkannya di ruangan yang kalian inginkan dan menjadikannya sebagai hiasan / pajangan yang bisa menambah nilai estetika ruangan tersebut.

Proses dari pengerjaan miniatur ini memanglah sangat rumit karena kita harus memperhatikan setiap detail agar tampak sama dengan yang aslinya. Selain itu, jika ingin membuat benda seperti ini, kita juga harus memiliki tingkat kesabaran & fokus yang tinggi. Karena pembuatannya yang sulit dan membutuhkan ketelatenan agar proses pengerjaannya bisa rapi. Semakin rapi dan detail, maka akan memiliki nilai yang semakin tinggi.

Kalian juga bisa membuat miniatur sendiri di rumah lho dengan bahan – bahan yang sederhana. Kalian bisa menggunakan stik es krim, lilin / malam, tusuk gigi, cottonbuds, dan lain sebagainya. Jika kalian tidak ingin repot untuk membuatnya, kalian bisa membelinya di toko – toko yang menjual kerajinan miniatur yang kalian inginkan. Memang sih, kalau kita buat sendiri itu akan lebih berkesan dan lebih spesial. Tetapi jika kita membelinya, kita akan mendapatkan barang yang lebih bagus dan cantik karena dibuat oleh orang yang sudah mahir di bidangnya. Harga dari miniatur ini juga tidak mahal kok, apalagi belinya di tokoraphandicraft.com hehe.

Fungsi dari miniatur :

  1. Sebagai pengganti dari benda asli yang dikemas dalam bentuk tiruan yang memiliki ukuran lebih kecil.
  2. Sebagai benda yang memiliki nilai jual yang tinggi karena keindahan, kecantikan, estetika, kerumitan, dan detail yang bagus sehingga hampir menyerupai bentuk aslinya.
  3. Sebagai hiasan yang dapat mempercantik ruangan karena model dan bentuknya yang eye-catching.
  4. Memberikan gambaran nyata mengenai suatu objek / benda yang ditiru.
  5. Mempermudah dalam memberikan penjelasan mengenai suatu objek dengan menunjukkan benda tiruan dari versi aslinya, sehingga mereka bisa membayangkan bentuk asli dari objek tersebut.

Cukup sekian informasi tentang miniatur yang bisa saya sampaikan. Tunggu update artikel dari kami selanjutnya ya!!!

tokoraphandicraft.com